header-int

Profile STMIK Neumann

Posted by : Administrator
Share

PROFIL SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN INFORMATIKA KOMPUTER KRISTEN NEUMANN  INDONESIA [STMIK NEUMANN]

 

PENGANTAR

Persaingan ketat antarbangsa dalam era globalisasi dan informasi yang tidak mengenal batas ruang waktu kini tidak dapat diletakkan oleh setiap negara, termasuk Indonesia. Dalam konteks ini, peningkatan sumber daya manusia yang handal, ulet, profesional, jujur dan peka akan perubahan zaman tidak dapat dinomor duakan lagi. Indonesia, dengan Indeks Pembangunan SDMnya berada pada peringkat 112 dari 175 negara di dunia serta mengalami krisis multimensi yang berkepanjangan harus jungkir balik untuk dapat membalikkan keadaan sehingga kelak dapat “berbicara dan duduk sejajar” dengan negara-negara maju lainnya.

Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) melalui Yayasan Pendidikan Kristen (YPK-GBKP) menyadari pentingnya peningkatan SDM Indonesia terutama bagi masyarakat Sumatera Utara sebagaimana tertuang dalam salah satu misinya, yaitu pelayanan (diakonia) di bidang pendidikan. Sebagai implementasi, YPK-GBKP dengan dukungan jemaatnya telah mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer-Kristen Neumann Indonesia (STMIK NEUMANN), sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang manajemen informatika dan komputer berdasarkan SK Mendiknas No. 145/D/O/2008 tertanggal 22 Juli 2008. SDM yang kelak dihasilkan tidak hanya menguasai, menerapkan dan mengembangkan sains dan teknologi informasi dan komunikasi, akan tetapi memiliki kepemimpinan, kepribadian luhur (kejujuran) dan berjiwa technopreneurship (wirausaha berbasis teknologi).

 

SEJARAH STMIK NEUMANN               

STMIK NEUMANN adalah sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh YPK-GBKP sebagai bentuk tanggungjawab Moderamen GBKP dalam pelayanannya (diakonia) kepada masyarakat di bidang pendidikan. Pendirian sekolah tinggi ini direncanakan sebagai cikal bakal sebuah universitas yang memiliki lebih banyak fakultas dan jurusan. Sebenarnya, pendirian sebuah universitas milik YPK-GBKP sudah terpikir oleh Pengurus Moderamen GBKP sejak tahun 2000, namun baru pada 2007 rencana pendirian sudah menemui titik terang yaitu dengan adanya beberapa anggota jemaat (investor) yang sangat peduli akan kondisi pendidikan di kalangan warga GBKP dan masyarakat umum lainnya.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Moderamen GBKP No. 0800/VIII-c/2007 tertanggal 20 Juni 2007, Moderamen GBKP mengganti nama Badan  Pelayanan Pendidikan GBKP menjadi Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GBKP sekaligus menata ulang susunan pengurusan YPK-GBKP periode 2005-2010, yang mana di dalamnya terdapat Seksi Perguruan Tinggi. Sejak dikeluarkannya SK tersebut, gaung pendirian universitas YPK-GBKP semakin membahana yang ditandai dengan seringnya diadakan rapat-rapat antara Moderamen (Bidang Usaha, Bidang Diakonia), Seksi Perguruan Tinggi YPK, investor, akademisi dan tokoh-tokoh masyarakat Karo.

Sebagai tindaklanjut rapat-rapat tersebut, pada 30 Juli 2007 Moderamen mengeluarkan SK pengangkatan Tim Persiapan Pendirian Universitas Neumann (selanjutnya disebut Tim) yang bertugas mempersiapkan dan mendirikan perguruan tinggi di bawah Moderamen GBKP. Adapun tim persiapan tersebut beranggotakan:

  1. Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc. (Koordinator)
  2. Drs. Open Darnius Sembiring, M.Sc.
  3. Bukti Antonius Tarigan, SE., M.Si (meninggal dunia 15 Juni 2011)
  4. Drs. Henri Rani Sitepu, M.Si.
  5. Dino Medio Brahmana, ST.
  6. Ir. Petra Sibero
  7. Pt. Ir. Ananta Purba
  8. Antonius Ginting, S.E., M.Ec. (meninggal dunia 08 Agustus 2008)

 

Pemberian nama missionaris NZG Belanda tersebut disepakati mengingat jasanya dalam membangun fasilitas sekolah, rumah sakit, dan perdagangan pada era pekabaran injil ke daerah Karo sekaligus menghidupkan kembali nama Institut Pendidikan Kejuruan Neumann (IPKN) yang pernah berkiprah pada 1970-an.

 

Pada tahap awal, Tim ini melakukan studi kelayakan dengan mengumpulkan berbagai data tentang calon mahasiswa, prospek pasar, data industri pendidikan dan lain sebagainya serta mencari izin pendiriannya. Mengingat sulitnya mendapatkan izin pendirian sebuah universitas dari Pemerintah beserta syarat-syarat pendiriannya serta pertimbangan dana operasional yang besar, maka tim dan Moderamen sepakat untuk mendirikan sekolah tinggi yang diberi nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer, Kristen Neuman Indonesia, disingkat STMIK NEUMANN. Akhirnya, izin alih kelola diperoleh dari salah satu STMIK yang berdomisili di Medan (STMIK Medan Putri). Atas kerja sama Bidang Usaha Moderamen, pihak investor dan tim maka pada tanggal 23 maret 2008 dilakukan peletakkan batu pertama pendirian kampus STMIK NEUMANN yang berlokasi di Jl. Letjen Jamin Ginting Km 10,5 Medan. Dalam pelaksanaan tugasnya, sebagai anggota tim mempersiapkan aspek legalalitas, administrasi, promosi, dan lain sebgainya dan anggota lainnya mempersiapkan bangunan fisik.

 

Selanjutnya pada Sabtu, 19 Juli 2008, tim telah melaksanakan acara Soft Opening (SO) di kampus baru. Tujuan SO adalah :

  1. Sebagai momentum dimulainya kegiatan administrasi STMIK NEUMANN di kampus baru sekaligus tempat melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru;
  2. Menggemakan dan mempromosikan STMIK NEUMANN kepada jemaat/warga khususnya di Medan dan sekitarnya.

 

Dua bulannya setelah SO maka kegiatan Grand Opening (GO) STMIK NEUMANN dilaksanakan pada tanggal 13 September 2008 yang pelaksanaannya dilakukan dua hari sebelum perkuliahan dimulai. Tujuan kegiatan GO adalah sebagai momentum awal sebelum melakukan kegiatan akademis di STMIK NEUMANN; menyampaikan keberadaan STMIK NEUMANN kepada masyarakat luas. Pada acara GO dilakukan acara penandatanganan prasasti pendirian STMIK NEUMANN oleh Gubernur Sumetera Utara, Bapak H. Syamsul Arifin, SE disaksikan oleh pejabat-pejabat teras Pemprovsu, ketua Moderamen GBKP, pejabat wali okota Medan, Kopertis wilayah I Sumut-NAD Bapak Prof. Dr. Zinuddin, M.Pd serta tokoh-tokoh masyarakat. Pada acara ini juga dilaksanakan pelantikan pimpinan Badan Pengurus Harian (BPH) YPK GBKP dan pimpinan STMIK NEUMANN oleh pengurus YPK-GBKP yaitu:

  1. Pengurus BPH YPK GBKP

Ketua                      : Robinson Sitepu (PT. Namo Tiara)

Wakil Ketua             : Ir. Ananta Purba (Anggota Moderamen GBKP)

Sekretaris                : Drs. Henry Rani Sitepu, Msi. (YPK GBKP)

Wakil Sekretaris      : Prof. Dr. Jamaran Kaban, M.Sc (YPK GBKP)

Bendahara        :Rahel br Pandia, SH (Kabid Usaha Moderamen         GBKP, PT Namo Tiara)

Wakil Bendahara     : Juliani br Sebayang

Sekretaris Eksekutif : Pt. Karina Tarigan

 

  1. Pimpinan STMIK KNI (Tahun Akademik 2008/2009)

Ketua                   : Prof.Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc

Wakil Ketua I, II   : Bukti Anthonius Tarigan, SE., M.Si.

Wakil Ketua III     : Dino Medio S. Brahmana, St..

 

Kuliah perdana STMIK NEUMANN dilakukan pada 15 September 2008 dengan kuliah umum di bawakan oleh Prof.Dr.Ir. Sukaria Sinulingga, M. Eng. (Gurubesar FT USU Medan). Dengan demikian hari jadi STMIK NEUMANN ditetapkan pada tanggal tersebut yaitu 15 September.

 

Status akreditasi sebuah perguruan tinggi sangat penting diketahui oleh khalayak umum. Sejak di alih kelolakan empat tahun yang lewat dari STMIK Medan Putri, pihak pimpinan STMIK NEUMANN memenuhi janjinya dalam aspek kualitas, transparansi dan akuntabilitas yaitu dengan telah terakreditasinya kedua program studi manajemen informatika dan Teknik Informatika dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Jakarta. Selanjutnya, pada 01 Maret  2012 Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan izin operasi dan izin prinsip atas pembukaan dua program studi baru yaitu Teknik Komputer jenjang D-3 dan Sistem Informasi jenjang S-1. Dengan demikian pada TA 2012/2013 STMIK NEUMANN telah memiliki empat program studi, dimana tiga diantaranya telah terakreditasi. Diharapkan dengan tambahan ke dua program studi tersebut maka cita-cita STMIK KNI menjadi Universitas akan menjadi kenyataan.  

                                                                                        

Unidha STMIK Kristen Neumann Indonesia Jl Jamin Ginting KM 10.5, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
© 2019 STMIK Kristen Neumann Indonesia Follow STMIK Kristen Neumann Indonesia : Facebook Twitter Linked Youtube